Jumat, 28 September 2012

Senjata Api di Tangan Perampok

Indonesia adalah negara yang tidak membebaskan warganya memiliki senjata api. akan tetapi di indonesia, asal ada uang senjata ilegal bisa diperoleh dengan mudah. senjata yang legal biasanya memili izin dari kepolisian, sedangkan yang ilegal bisa diperolrh dipasar gelap.
kemudahan memperoleh senjata api menjadi salah satu sebab meningkatnya kejahatan di indonesia, khususnya jakarta. Perampokan, perampasan, dan pembunuhan yang menggunakan senjata api terjadi setiap hari.
salah satu perampokan yang mengejutkan terjadi di jakarta. uang sebanyak RP3,5 miliar yang seharusnya diisikan ke sejumlan ATM digasak kawasan perampok yang menggunakan pistol dan senjata tajam lainnya. perampasan uang, termasuk dari nasabah bank adalah kejadian menonjol akhir-akhir lalu.
jakarta terlalu sarat dengan kondisi yang memungkinkan kriminalitas terjadi. kemiskinan, kericuhan, tata hukum, dan tata aturan yang sangat kompromistis adalah penyebab yang menyuburkan.hampir tidak ada lagi tempat aman dikota ini sekarang. kejahataan dalam berbagi rupa berkembang pesat.
banyak memang yang harus dilakukan untuk menjaga kejahatan. teori yang sangat klasik mengatakan bahwa kejahatan berbanding lurus dengan kemiskinan. semakin miskin suatu masyarakat, semakin tinggi angka dan peluang kejahatan. akan tetapi kejahatan juga terjadi karena ada peluang. apabila peluang ada, yang miskin maupaun yang kaya akan tergoda melakukan kejahatan.
Nah, kemudian memperoleh senjata api di jakarta peluangnya amat menggoda. dengan demikian, membantas perdagangan dan kepemilikan  senjata api secara gelap adalah hal yang mutlak.
akan tetapi sangat ironis ketika upaya memberantas senjata api yang banyak di bicarakan tidak habis membuat peredaran senjata api berkurang. semakin gencar polisi raziakepemilikan senjata api, semakin sering terjadi kejahatan yang menggunakan pistol dan senjata laras panjang.
indonesia tidak menganut hukum yang membolehkan sipil memegang senjata. jika aturan ini di tegakkan dengan serius, akan berkonstribusi penting bagi penekanan angka kejahatan. tetapi di indonesia semuanya serba bisa diatur. kalau ada uang semua yang di larang bisa terpenuhi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar