Senin, 11 Mei 2015

KKGJ


Koperasi keluarga guru Jakarta atau KKGJ termasuk jenis kopersai konsumsi. Koperasi Keluarga Guru Jakarta (KKGJ) merupakan koperasi primer terbesar aset dan jumlah anggotanya di Indonesia. Koperasi konsumen menyelenggarakan kegiatan usaha pelayanan di bidang penyediaan barang kebutuhan anggota dan non-anggota.
Dalam membentuk koperasi pasti dibutuhkan sumber-sumber modal seperti halnya bentuk badan usaha yang lain, untuk menjalankan kegiatan usahanya koperasi memerlukan modal. Adapun modal koperasi terdiri atas Modal Sendiri dan Modal Pinjaman.
Modal Awal di koperasi ini berasal dari anggotanya, dan simpanan pokoknya diatur oleh kantor pusat koperasi Keluarga Guru Jakarta sendiri. Pembagian untung : Pada setiap tahunnya koperasi ini mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) , yang diikuti oleh semua perwakilan usaha koperasi KKGJ membahas bagaimana sistem pembagian hasil.
 Contoh  pembagian untung  :             Jumlah Laba Bersih =  Rp 1.000.000, -
                        
                    Jumlah  Laba Kotor =  Rp    500.000, -
                                                                                                  Rp.    500.00,-     
                         
Hasil pengurangan tersebut dibagi rata ke seluruh usaha yang ada di koperasi KKGJ sebagai pendapatan bersih yang didapat.
Keberhasilan koperasi KKGJ yang diambil sumber dananya hanya dari anggotanya atau disebut modal sendiri termasuk kedalam simpanan pokok.

1 komentar:

  1. persyaratan dan cara mengurus dana kkgj karena pensiun bagaimana ya?

    terima kasih

    BalasHapus