KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA :
A. Penjelasan Komunikasi Bisnis Lintas Budaya Komunikasi
bisnis lintas budaya adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis baik
komunikasi verbal maupun nonverbal dengan memperhatikan faktor-faktor budaya di
suatu daerah, wilayah, atau Negara. Pengertian lintas budaya dalam hal ini
bukanlah semata-mata budaya asing (internasional), tetapi juga budaya yang
tumbuh dan berkembang di berbagai daerah dalam wilayah suatu negara. Didalam
artikel diatas komunikasi bisnis antar budaya menjadi hal terpenting dalam
keberlangsungan bisnis. Dalam sebuah bisnis banyak hal yang perlu diperhatikan,
dari mutu suatu produk, penguasaan teknologi, penelitian, dan keterampilan
berkomunikasi. Dari semua hal itu, adalah komunikasi menjadi suatu hal yang
terpenting karena mencakup promosi, periklanan, dan negosiasi. Oleh karena itu
pengertian komunikasi bisnis sangat berpengaruh dalam sebuah bisnis. Komunikasi
yang dimaksudkan di atas adalah sebuah komunikasi yang mampu mengenali budaya
orang lain untuk sebuah tujuan bisnis. B. Urgensi Komunikasi Bisnis Lintas
Budaya Didalam artikel diatas terlihat sekali bahwa urgensi komunikasi bisnis
lintas budaya sangatlah penting di era globalisasi yang sudah melakukan
perdagangan bebas, perbedaan budaya yang ada dapat menghambat kelancaran suatu
bisnis terlihat pada artikel diatas, ketika seorang wanita amerika yang mencoba
untuk berbisnis dengan mitra Jepangnya, hanya kerena pembicaraan yang selalu
sederhana tanpa ke pembicaraan pokok, wanita Amerika tersebut berfikir bahwa
mitranya tidak menyukai bisnis yang ditawarkan. Padahal budaya bisnis orang
Jepang adalah dengan melakukan pendekatan yang seperti sahabat, sehingga
melakukan pembicaraan-pembicaraan yang rendah dahulu, lalu jika sudah merasa
enjoy, baru melakukan pembicaran yang serius. Itu merupakan sebuah contoh kecil
yang menggambarkan betapa urgensinya komunikasi bisnis lintas budaya dalam
kehidupan bisnis. Oleh karena itu dalam hal berbisnis sangat lah penting
menyamakan atau mengimbangi budaya mitra bisnis kita, karena jika sudah sepaham
dalam berkomunikasi maka, bisnis akan menjadi lancar. C. Perbedaan Budaya Yang
Mempengaruhi Bisnis Perbedaan budaya menjadi hal yang menjerumuskan seseorang
dalam kegagalan sebuah bisnis. Banyak hal yang mengakibatkan perbedaan budaya
itu terjadi salah satunya adalah perbedaan konteks yang rendah dan tinggi atau
sering disebut low context dan high context. Low Context merupakan penekanan
terhadap individualisme dan profesionalisme, hal ini merupakan salah satu ciri
orang yang selalu to do point, langsung focus terhadap tujuan. Berbeda dengan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar