Minggu, 15 Juni 2014

komunikasi bisnis lintas budaya



KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA :
 A. Penjelasan Komunikasi Bisnis Lintas Budaya Komunikasi bisnis lintas budaya adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis baik komunikasi verbal maupun nonverbal dengan memperhatikan faktor-faktor budaya di suatu daerah, wilayah, atau Negara. Pengertian lintas budaya dalam hal ini bukanlah semata-mata budaya asing (internasional), tetapi juga budaya yang tumbuh dan berkembang di berbagai daerah dalam wilayah suatu negara. Didalam artikel diatas komunikasi bisnis antar budaya menjadi hal terpenting dalam keberlangsungan bisnis. Dalam sebuah bisnis banyak hal yang perlu diperhatikan, dari mutu suatu produk, penguasaan teknologi, penelitian, dan keterampilan berkomunikasi. Dari semua hal itu, adalah komunikasi menjadi suatu hal yang terpenting karena mencakup promosi, periklanan, dan negosiasi. Oleh karena itu pengertian komunikasi bisnis sangat berpengaruh dalam sebuah bisnis. Komunikasi yang dimaksudkan di atas adalah sebuah komunikasi yang mampu mengenali budaya orang lain untuk sebuah tujuan bisnis. B. Urgensi Komunikasi Bisnis Lintas Budaya Didalam artikel diatas terlihat sekali bahwa urgensi komunikasi bisnis lintas budaya sangatlah penting di era globalisasi yang sudah melakukan perdagangan bebas, perbedaan budaya yang ada dapat menghambat kelancaran suatu bisnis terlihat pada artikel diatas, ketika seorang wanita amerika yang mencoba untuk berbisnis dengan mitra Jepangnya, hanya kerena pembicaraan yang selalu sederhana tanpa ke pembicaraan pokok, wanita Amerika tersebut berfikir bahwa mitranya tidak menyukai bisnis yang ditawarkan. Padahal budaya bisnis orang Jepang adalah dengan melakukan pendekatan yang seperti sahabat, sehingga melakukan pembicaraan-pembicaraan yang rendah dahulu, lalu jika sudah merasa enjoy, baru melakukan pembicaran yang serius. Itu merupakan sebuah contoh kecil yang menggambarkan betapa urgensinya komunikasi bisnis lintas budaya dalam kehidupan bisnis. Oleh karena itu dalam hal berbisnis sangat lah penting menyamakan atau mengimbangi budaya mitra bisnis kita, karena jika sudah sepaham dalam berkomunikasi maka, bisnis akan menjadi lancar. C. Perbedaan Budaya Yang Mempengaruhi Bisnis Perbedaan budaya menjadi hal yang menjerumuskan seseorang dalam kegagalan sebuah bisnis. Banyak hal yang mengakibatkan perbedaan budaya itu terjadi salah satunya adalah perbedaan konteks yang rendah dan tinggi atau sering disebut low context dan high context. Low Context merupakan penekanan terhadap individualisme dan profesionalisme, hal ini merupakan salah satu ciri orang yang selalu to do point, langsung focus terhadap tujuan. Berbeda dengan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar