Komponen – Komponen komunikasi
Keterangan :
1. Komunikator, yaitu subyek yang menerima pesan informasi atau berita
2. Pasan, yaitu berita
3. Komunikan, yaitu subyek yang menerima pesan yang dituju
4. Respon, yaitu tanggapan
5. Media, yaitu alat yang ditunjukan untuk menyampaikan warta
5. Komunikasi Tatap Muka
Menurut Wiryanto (2004), komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang
berlangsung dalam situasi tatap muka antara dua orang atau lebih, baik
secara terorganisasi maupun pada kerumunan orang. Sedangkan menurut
Febrina (2008), komunikasi interpersonal adalah interaksi orang ke
orang, dua arah, verbal dan non verbal. Saling berbagi informasi dan
perasaan antara individu dengan individu atau antar individu di dalam
kelompok kecil. Komunikasi interpersonal menunjuk kepada komunikasi
dengan orang lain. Komunikasi jenis ini dibagi lagi menjadi komunikasi
diadik, komunikasi publik, dan komunikasi kelompok-kecil. Model Jendela
Johari memusatkan pada keseimbangan komunikasi interpersonal.
Termasuk dalam komunikasi interpersonal adalah :
• Pidato
• Komunikasi nonverbal
• Penyimpulan
• Parafrase
Memiliki komunikasi interpersonal yang baik mendukung proses-proses seperti:
• Perdagangan
• Konseling
• Pelatihan
• Bimbingan
• Pemecahan Konflik
Komunikasi interpersonal merupakan subyek dari beberapa disiplin dalam
bidang psikologi, terutama analisis transaksional. Komunikasi ini dapat
dihalangi oleh gangguan komunikasi atau oleh kesombongan, sifat malu,
dan lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar