Konsep Dasar dan Peranan Komunikasi
Komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia. Dengan berkomunikasi,
manusia dapat saling berhubungan satu sama lain baik dalam kehidupan
sehari-hari di rumah tangga, di tempat pekerjaan, di pasar, dalam
masyarakat atau di mana saja manusia berada. Tidak ada manusia yang
tidak akan terlibat dalam konunikasi. Pentingnya komunikasi bagi manusia
tidaklah dapat dipungkiri begitu juga halnya bagi suatu organisasi.
Dengan adanya komunikasi yang baik suatu organisasi dapat berjalan
dengan lancar dan berhasil dan begitu pula sebaliknya, kurangnya atau
tidak adanya komunikasi organisasi dapat macet dan berantakan. Misalnya
bila dalan suatu sekolah kepala sekolah tidak memberi informasi kepada
guru-guru mengenai kapan sekolah dimulai sesudah libur semester dan apa
bidang studi yang harus diajarkan oleh masing-masing guru, maka besar
kemungkinannya guru tidak dating mengajar. Akibatnya, murid-murid tidak
belajar. Hal ini menjadikan sekolah tidak berfungsi sebagaimana
mestinya. Dari contoh itu kelihatan, bahwa dengan kelupaan memberi
informasi saja sudah memberikan efek yang lebih besar bagi sekolah.
Karena pentingnya komunikasi dalam organisasi maka perlu menjadi
perhatian pengelola agar dapat membantu dalam pelaksanaan tugasnya.
Komunikasi yang efektif adalah penting bagi semua organisasi. Oleh
karena itu, para pemimpin organisasi dan para komunikator dalam
organisasi perlu memahami dan menyempurnakan kemampuan komunikasi mereka
(Kohler 1981). Untuk memahami komunikasi ini dengan mudah, perlu
terlebih dahulu mengetahui konsep-konsep dasar komunikasi. Karena itu,
pada bab 1 ini disajikan dahulu konsep-konsep dasar komunikasi seperti
definisi komunikasi, model komunikasi, komponen dasar komunikasi dan
prinsip-prinsip komunikasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar